Oleh: Andre Lukmana No Comments

Lampu Besar

Lampu besar atau headlamp memiliki manfaat yang sangat besar untuk menunjang keselamatan dalam mengendarai mobil terutama saat malam hari atau cuaca yang kurang bersahabat. Headlamp menggunakan lampu standar halogen kuning dari pabrikan. Lampu headlamp di Ceria pada dasarnya sama dengan lampu mobil lain pada umumnya. H4 adalah kode tipe lampu untuk penamaan lampu besar.

Lampu Headlamp di Ceria

Lampu H4 mempunyai 3 kaki dengan 2 mode lampu yaitu lampu jauh (Hi-beam) dan lampu dekat (Lo-beam). Untuk ukuran standar, satu buah lampu halogen biasanya mempunyai kapasitas 55/60 Watt. Kapasitas watt ini juga sama terpasang di Ceria.

Kaki-kaki lampu H4

 

Lampu Sein Depan

Bohlam lampu sein depan ceria mempunyai kode lampu PY21W. Kode PY21W masuk dalam dudukan fitting atau cap base BAU15S dan kode 21W adalah untuk kapasitas wattage nya. BAU15S juga mempunyai 2 dot kaki yang tidak tegak lurus 180°

Lampu sein depan Ceria

PY21W pada lampu bohlam lampu sein

Dot kaki tidak lurus, agak menyerong

Tipe BAU15S

Lampu Sein Samping

Lampu sein samping Ceria menggunakan fitting lampu T10 atau kategori W5W. Model lampu ini adalah tancap dengan 2 sisi kaki (+) dan (-). Adapun kapasitas watt untuk lampu sein samping Ceria adalah 5 watt.

Lampu sein samping Ceria

Lampu T10

Lampu Sein Belakang

Lampu sein bagian belakang Ceria mempunyai spesifikasi yang sama dengan lampu sein depan yaitu BAU15S.

Lampu sein belakang Ceria

Lampu Stop Belakang

Lampu stop atau stoplamp Ceria mempunyai kode BAY15D atau lebih dikenal lampu 1157. BAY15D mempunyai 2 mode lampu yaitu lampu stop senja(kota) dan lampu stop rem. Kapasitas bohlam bawaan lampu stop belakang Ceria adalah 21/5 watt (21 watt untuk lampu stop rem dan 5 watt untuk lampu stop senja). Bohlam ini mempunyai 2 buah kontak dan dot kaki 180° dengan beda tinggi.

Lampu stoplamp Ceria

Kode lampu BAY15D

Lampu Senja Depan

Lampu senja depan Ceria menggunakan fitting lampu T10 sama seperti lampu sein samping. Kapasitas lampu senja depan Ceria adalah 5 watt.

Lampu senja(kota) depan Ceria

Lampu Mundur

Lampu mundur Ceria menggunakan fitting sama dengan lampu senja depan yaitu T10. Yang membedakan hanya watt nya saja, untuk lampu mundur menggunakan 21 watt.

Posisi lampu mundur di Ceria

Lampu Ruangan

Lampu ruangan Ceria menggunakan jenis bohlam tabung. Bohlam ini lebih dikenal dengan nama keren “festoon”. Kategori kode fitting bohlam ini adalah C5W. Adapun kapasitas watt standar bawaan Ceria adalah 5 watt.

Lampu kabin atau ruangan di Ceria Bulat

Lampu ruangan/kabin Ceria (credit to: Om Untung CCI 🙂 )

Bohlam C5W atau Festoon

Lampu Plat Nomor

Lampu plat nomor Ceria menggunakan fitting sama dengan lampu ruangan yaitu festoon dengan kapasitas 5 watt.

2 Lampu plat nomor Ceria

Lampu plat nomor Ceria

Lampu Stop High-mounted

Lampu stop high-mounted posisinya ada di kaca atas belakang Ceria. Bohlam yang digunakan adalah kode R10W atau BA15S. Di pasaran lampu ini dikenal dengan nama lampu 1156. Kapasitas lampu ini di Ceria adalah 21 watt.

Lampu Stop High-mounted

Bohlam BA15S atau 1156

Bohlam Ceria R10W atau BAS15S

Dot kaki model 180 derajat.

Lampu Speedometer

Lampu-lampu di speedometer Ceria menggunakan lampu tipe T5 B8.5D. Bohlam ini mempunyai kapasitas watt 1.2 watt. Lampu ini sangat jarang sekali di pasaran. Tetapi model LED masih dapat dijumpai di beberapa toko online.

Bohlam T5 B8.5D di Speedometer Ceria

Bohlam Speedometer T5 B8.5D

Bohlam T5 B8.5D dari Phillips

T5 B8.5D model LED

Semoga bermanfaat.

Punya pengalaman, foto, tips, atau DIY di Ceria-mu? ayo share di sini agar tulisanmu dibaca. Cukup kiriman tulisanmu ke: hai@daihatsuceria.com

CCI-495 / Ceria Bulat Hitam 2004

Hanya sekedar berbagi pengalaman dengan sesama pengguna Ceria.

Silakan bertanya, kita ANTI mem-bully atau menggurui 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *